Kalau kita akan berjualan, pernahkah kita melakukan riset dulu apakah barang yang kita jual banyak peminatnya? Jika ada banyak orang yang mencari produk tersebur, maka tentu potensi terjualnya lebih mudah. Namun apabila pencari produk tersebut sedikit, maka tentu kemungkinan tidak mudah juga untuk menjualnya.

Salah satu sumber informasi yang bisa kita jadikan acuan adalah data di pencarian Google. Berapakah pencarian produk tersebut di Google di rentang waktu tertentu. Misalnya kita jualan produk kaos, manakah jenis kaos yang banyak pencarinya di Google?
Di data yang saya lampirkan berikut ini, bisa terlihat bahwa, dalam 1 tahun terakhir :

Kaos polos dalam sebulan jumlah pencariannya rata-rata 50ribu.
Kaos oblong dalam sebulan jumlah pencariannya rata-rata 5ribu.

Ternyata, orang yang mencari kaos polos jauh lebih banyak daripada yang mencari kaos oblong. Kemungkinan, potensi menjual kaos polos akan jauh lebih mudah daripada menjual kaos oblong. Ini karena orang yang mencari kaos polos jauh lebih banyak.

Tentu saja, kita juga harus mempertimbangkan berbagai hal lainnya sebelum mengambil kesimpulan akhir. Namun, data dari Google tersebut pantas kita perhatikan.

Apakah Anda ingin mengetahui potensi produk yang Anda jual dengan riset ringan seperti contoh di atas?
Untuk Anda pelaku UMKM, kami bantu risetnya GRATIS.
Cukup isi form terkait bisnis Anda di form berikut ini. Hasil riset akan kami kirimkan ke email Anda.

Link Form :
https://bit.ly/riset-potensi-produk

Syarat dan ketentuan :
1. Bisnisnya tidak melanggar hukum baik hukum agama maupun negara.
2. Bukan MLM, money game, dan sejenisnya.
3. Bukan lembaga keuangan, leasing, koperasi, dan sejenisnya.
4. Karena keterbatasan tenaga, maka jika banyak peminatnya, akan kami pilih dalam satu minggu kurang lebih 3 UMKM. Minggu berikutnya di antrian berikutnya.
5. Sewaktu-waktu kami bisa menutup fasilitas gratis ini.

Oleh : Farid Ma’ruf (Sahabat UMKM; www.satulangit.co.id)

Bebas untuk tanya-tanya : https://wa.me/628175423370