Bisnis di zaman sekarang sangat terbantu dengan adanya akses internet dan masyarakat yang juga aktif berselancar di internet. Bisnis pun bisa berkembang pesat melebihi kondisi di masa-masa sebelumnya. Salah satu cara melejitkan omset adalah dengan berjualan dengan menggunakan website. Ada dua hal yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini, yaitu website Company Profile dan Website Toko Online.
Mana jenis websiste untuk bisnis anda? Tergantung kondisinya. Jika anda menjual banyak sekali produk yang merupakan produk pihak lain, anda hanya sebagai penjualnya saja, sebaiknya menggunakan website toko online. Tetapi jika anda adalah produsen, atau distributor utama suatu produk, dan website anda hanya menjual satu produk tersebut, akan lebih tepat anda menggunakan website Company Profile.
Website Company Profile merupakan website yang biasanya digunakan untuk menampilkan informasi suatu perusahaan. Beberapa informasi yang ditampilkan adalah informasi perusahaan, bidang usaha, portofolio, nomor kontak/alamat email, alamat kantor, dan informasi lainnya.
Website jenis ini bisa meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan, juga mampu digunakan untuk meningkatkan penjualan. Calon konsumen yang ingin bertransaksi dengan anda, tentu ingin mengetahui dengan siapa ia bertransaksi, aman atau tidak, terpercaya atau tidak. Nah, website ini bisa menjadi salah satu media yang bisa meyakinkan calon konsumen.
Jika anda sekarang belum memiliki website Company Profile, saran kami segeralah menyiapkannya. Jika anda bingung informasi apa yang perlu dimasukkan, boleh anda konsultasikan kepada kami, insya Allah kami bantu.
Mengenai website toko online, sebenarnya ada beberapa kesamaan dengan website company profile. Tapi fokusnya berbeda. Website toko online lebih fokus untuk berjualan banyak produk (seringkali bersifat ecer), produk biasanya dibuat oleh pihak lain, dan pengunjung diarahkan untuk langsung bertransaksi online secara langsung di website tersebut.
Faktor keamanan harus lebih anda perhatikan untuk website kategori ini. Kami sarankan anda menggunakan fitur SSL atau Secure Socket Layer, yaitu sebuah sambungan aman terenkripsi dengan browser web pengguna.
Beberapa hal lainnya yang perlu disiapkan adalah upload produk yang dijual, update harga, deskripsi dan spesifikasi yang jelas di setiap produk, dan yang sangat penting adalah fitur perhitungan total harga dan ongkos kirim secara otomatis.tanpa fitur otomatisasi ini, calon pembeli akan merasa sangat repot karena harus menghitung manual, dan bertanya kepada anda berapa ongkos kirimnya. Pembeli yang malas repot sangat mungkin akan membatalkan transaksi dengan anda, kemudian memilih bertransaksi di website toko online lain yang membuatnya lebih nyaman.
Salah satu masalah besar pemilik usaha yang ingin mempunyai toko online adalah masalah pembuatan yang bisa jauh lebih sulit daripada website biasa. Fitur ongkos kirim termasuk salah satu bagian yang sulit dan melelahkan. Di Indonesia ada sekitar 7000 kecamatan. Ongkos kirimnya bisa berbeda-beda. Tentu sangat melelahkan ketika anda harus menuliskan ongkos kirimnya satu per satu secara manual. Ketika memutuskan untuk mencari jasa pembuatan website toko online, tidak jarang juga biayanya sangat mahal. Oleh karena itu, carilah penyedia jasa website design yang bisa mengerti kondisi bisnis anda. Web developer yang bisa memberikan harga terbaik sesuai kebutuhan dan budget anda. Silakan hubungi kami jika anda ingin mempunyai website yang sesuai untuk bisnis anda. Semoga sukses bisnis online anda.
Ditulis oleh : Farid Ma’ruf (penyedia jasa web design; tinggal di Yogyakarta; nomor WA : 08175423370.)
Dipublikasikan pertama kali di : www.satulangit.co.id; Jasa Pembuatan Website dengan Biaya Sesuai Budget Anda.