Kalau kita membeli produk, apalagi belinya banyak dan sering, tentu lazimnya kita mencari penjual yang memberikan harga lebih murah.
Tapi beberapa kali saya justru meninggalkan toko yang lebih murah, dan berpindah ke toko lain yang memberikan harga lebih mahal.
Berikut ini beberapa alasannya :
- Slow Respon.
Kalau kita tanya, jawabannya lama. Seringkali juga hanya jawaban singkat. Terkesan malas mengetik. Padahal pembeli butuh informasi lebih banyak.
- Galak
Pernah juga dilayani karyawan yang jarang senyum, dan omongannya pedes.
- Ngatur dengan bahasa yang kurang renyah.
Kebiasaan orang Indonesia salah satunya adalah buka lapak tanpa sistem. Order pun manual via WA. Tapi tidak dijelakan format ordernya. Saya biasa order dengan format sekali kirim dengan data lengkap. Ini format terbaik menurut saya. Eh seller merespon bahwa kalau order jangan seperti itu karena merepotkan. Bagian tertentu diminta dipisah. Cara menyampaikannya menurut saya kurang sopan (terkesan memarahi pembeli).
- Tidak mau dihubungi di jam tertentu.
Toko yang punya jam kerja tentu wajar. Pembeli juga maklum. Tapi jika tidak dijelaskan di awal (di lapaknya tidak dijelaskan jam kerjanya), kemudian merespon tidak melayani di jam tertentu (yang umumnya adalah jam kerja), tentu bisa membuat pembeli tidak nyaman. Apalagi ada diksi yang terkesan kurang sopan “kalau menghubungi sudah tahu rulenya ya.”
Apakah Anda pernah mengalami kondisi serupa? Bagi pelanggan, berbelanja bukan sekedar masalah harga. Tapi juga kenyamanan dalam bertransaksi.
Sangat mungkin, banyak orang lain yang juga bersikap sama. Harga memang penting, tapi kenyamanan dalam bertransaksi juga tidak kalah penting. Semoga bermanfaat untuk Anda yang berjualan. (www.satulangit.co.id)